Destinasi

Wisata Budaya Petik Laut Muncar di Banyuwangi

Wisata Budaya Petik Laut Muncar di Banyuwangi

Tradisi ini digelar sebagai rasa syukur atas kelimpahan nelayan laut sepanjang tahun. laut Muncar ke lokasi laut di mana festival ini diadakan setiap kalender 15 Muharram / Suro Jawa.

Yang membuat menarik tradisi Pilih Muncar Sea adalah konsep kunci. Para nelayan akan berbaris kapalnya yang telah dihiasi dengan warna-warna yang unik dan motif.

Nah, salah satu dari puluhan kapal berbaris, ada satu kapal utama yang bertanggung jawab atas membawa korban. Kemudian, kapal akan berlayar ke laut lepas menuju Cape Sembulungan dan disertai dengan perahu hias lainnya.

Wisata Budaya Petik Laut Muncar di Banyuwangi
Wisata Budaya Petik Laut Muncar di Banyuwangi

Sesampai di sana, sesaji tersebut hanyut sebelum nelayan melompat ke laut untuk mengambil korban hanyut ras. Tidak hanya sekali, mengapung persembahan diadakan dua kali di tempat yang terdekat.

Pilih tradisi Muncar Sea selalu berakhir dengan doa. The sepepuh dan aparat desa setempat untuk menjadi sosok yang memimpin upacara di Makam selametan Syed Yusuf, sosok yang pertama kali dibuka Tanjung Sembulungan.

Pilih tradisi Muncar Laut memang kebiasaan setempat ritual. Namun, keunikan festival laut ini ternyata menjadi daya tarik utama bagi wisatawan, tidak hanya di dalam negeri tetapi juga di luar negeri.

Pemerintah Daerah Banyuwangi juga berencana untuk mengembangkan tradisi sebagai atraksi tradisional. Setiap berita tentang tradisi ini akan diperluas secara nasional dan internasional.

Comment here