Destinasi

Destinasi Religi Masjid Menara Kudus

Destinasi Religi Masjid Menara Kudus

Selain dikenal sebagai kota Kretek, Kudus adalah tujuan wisata religius yang cukup terkenal. Ada Masjid Kudus Menara yang memegang sejarah panjang penyebaran Islam di Indonesia.

Terletak di jalan Jenderal Ahmad Yani, Masjid Menara Kudus tidak hanya digunakan sebagai tempat ibadah umat Islam. Tetapi juga tempat berziarah ke Makam Sunan Kudus legendaris.

Pengunjung akan disambut oleh candi menara-seperti di dalam makam Sunan Kudus Kanjeng. Kuil itu sendiri merupakan perpaduan budaya Hindu dengan Islam yang ada di Jawa, ratusan tahun yang lalu.

Destinasi Religi Masjid Menara Kudus
Destinasi Religi Masjid Menara Kudus

Masuk ke dalam, Masjid Menara Kudus memiliki 10 buah pintu sebagai masuknya kanan dan kiri. Di dalamnya, ada delapan pilar utama yang diusung pembangunan Masjid Menara Kudus ini.

Dengan luas tanah 2.400 meter persegi, masjid ini juga dikenal sebagai Al-Aqsa Menara Kudus daun ini kesan menawan melalui desain interior, di mana ada mustako di bagian atas masjid. Meskipun terlihat kecil dari luar, Anda akan disajikan ornamen kulturalisasi atara campuran Hindu dan Muslim.
Sunan Kudus

Pertama kali didirikan pada tahun 1549, Masjid Menara Kudus datang berkat kontribusi Kanjeng Sunan Kudus. Dia adalah seorang pemimpin agama dari Sembilan Wali atau Walisongo sukses penyebaran Islam di Jawa melalui budaya dan menandatangani pesannya.

Dengan mendirikan masjid ini Kudusi Tower, Sunan keinginan untuk menyebarkan Islam melalui pendekatan kulturalisasi. Hal ini sangat terlihat dari arsitektur utama yang menyerap tiga budaya, Jawa, Islam dan Hindu.

Nah, salah satu komponen penting dari Sunan Kudus warisan di masjid ini adalah kolam masjid. Memiliki bentuk yang unik, dikatakan, kolam renang telah ada sejak zaman kuno dan digunakan sebagai ritual penyucian bagi umat Islam yang ingin beribadah.

Bagian yang tidak kalah unik adalah pintu gerbang. Dikenal sebagai Twin Lawang, Masjid gerbang pintu Menara Kudus, kabarnya, datang dari salah satu bangunan dari Kekaisaran Majapahit.

Comment here